14 November 2017

Pengembangan Perpustakaan, DPRD Kota Payakumbuh Konsultasi ke Perpusnas

Jakarta – Anggota DPRD Kota Payakumbuh mengunjungi Perpustakaan Nasional untuk berkonsultasi mengenai Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Perpustakaan. Anggota DPRD Kota Payakumbuh, yang diwakili Panitia Khusus I, diterima oleh Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas Joko Santoso.

Ketua DPRD Kota Payakumbuh Yendri Bodra Dt. Parmato Alam menyatakan ranperda bertujuan mengembangkan fasilitas dan layanan perpustakaan di daerahnya. “Kami berkonsultasi dan meminta masukan dari Perpusnas agar ranperda perpustakaan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. Kami juga berharap ada bantuan dari Perpusnas untuk tingkatkan fasilitas dan layanan,” ujarnya di Ruang Rapat Deputi 2 Gedung Perpusnas, salemba, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).

Anggota Pansus I meminta masukan di antaranya tentang mengembangkan koleksi baik secara fisik maupun digital, hukuman untuk koleksi buku yang tidak dikembalikan, dan pengembangan profesi pustakawan.

Menanggapi hal ini, Joko Santoso mengapresiasi kedatangan Pansus I DPRD Kota Payakumbuh. Menurut Joko, Perpusnas memiliki perhatian khusus kepada perpustakaan di daerah. “Hampir setengah dari anggaran Perpusnas ada di daerah, melalui dana dekon, bantuan mobil perpustakaan keliling, perpustakaan kapal, dan sebagainya. Kami sangat memperhatikan perpustakaan di daerah,” jelas Joko.

Pada akhir pertemuan, Joko mengundang anggota dewan untuk berkunjung ke Gedung Layanan Perpusnas di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 September.

Reportase: Hanna Meinita

 

Berita Lainnya