Cari

English

Detail Berita Pustaka

Bersama Membangun Perpustakaan Digital Nasional Indonesia (E-Library)


JAKARTA, Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) membangun komitmen bersama dengan Perpustakaan Umum Provinsi untuk mewujudkan tercapainya Perpustakaan Digital Nasional Indonesia (E-Library). Demikian benang merah dari kegiatan “Workshop Pengkajian Pengembangan Perpustakaan Digital Nasional (E-Library), yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional RI selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 12/6 s.d 14/6 bertempat di Hotel Treva Internasional Jakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 36 Perpustakaan Mitra yang terdiri dari 32 Perpustakaan Provinsi, 2 UPT Perpustakaan Proklamator dan 2 Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota. Satu Perpustakaan Mitra yang tidak bisa inut berpartisipasi adalah Provinsi Papua Barat karena masalah teknis.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Lilik Sulistyowati mengatakan Perpusnas melakukan langkah-langkah yang konkret dalam memposisikan diri sebagai fasilitator pengembangan perpustakaan digital di Indonesia. “Sejak tahun 2008, Perpusnas telah menetapkan dan menyusun program E-Library dengan menyusun grand design Pembangunan Perpustakaan Digital Nasional Indonesia Tahun 2010-2014,” paparnya.

Deputi menjelaskan tahapan-tahapan yang sudah dilalui Perpusnas, dalam kerangka besar terwujudnya Perpustakaan Digital Nasional Indonesia (PDNI). “Kerja keras bersama Perpustakaan Provinsi dirasa sudah membuahkan hasil meski belum maksimal. Hasil yang dicapai bisa dilihat di situs PDNI yang dapat diakses melalui http://pdni.pnri.go.id,” tambahnya sebelum membuka secara resmi workshop ini.
Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, Woro Titi Haryanti mengatakan workshop ini diadakan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di perpustakaan mitra, menerima masukan, memberikan saran dan solusi dalam pengembangan Perpustakaan Digital Nasional Indonesia.

“Perpusnas sangat peduli dengan perkembangan Perpustakaan Digital Nasional Indonesia. Kami terus melakukan bimbingan teknis, supervisi, monitoring, dan evaluasi terhadap Perpustakaan Provinsi,” paparnya. Terkait masalah pemberian peringkat terhadap Perpustakaan Provinsi, Woro Titi mengatakan Perpusnas melakukan penilaian yang terukur, sampai sejauh mana perpustakaan Provinsi memanfaatkan teknologi informasi perpustakaan yang diberikan Perpusnas, membangun otomasi perpustakaan yang terintegrasi, mengembangkan standart metadata yang sama serta upaya pengumpulan konten lokal dari masng-masing Perpustakaan Provinsi.

Kiprah dan langkah Perpusnas dalam implementasi E-Library, baik di Perpusnas maupun Perpus Mitra dirangkum oleh Kepala Bidang Kerjasama Perpustakaan dan Otomasi, Joko Santoso dalam laporan yang bertajuk “Perkembangan Perpustakaan Digital Nasional (E-Library)”. Joko Santoso di depan para peserta workshop memberikan progress report yang cukup lengkap dan komprehensif, terkait tahapan-tahapan yang sudah dilakukan Perpusnas. “Pengembangan e-Library Perpusnas RI merupakan kegiatan yang bersifat berkelanjutan,” tambahnya.

Dalam penyampaian laporannya, Joko Santoso mengatakan tujuan pengembangan e-Library adalah membangun perpustakaan digital nasional yang terintegrasi dalam periode 2008-20014 sebagai respon terhadap lahirnya UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dengan memanfaatkan dukungan teknologi informasi dan komunikasi terkini.
Joko Santoso memberikan pemaparan terkait rencana kegiatan E-Library tahun 2009-2014 yang meliputi:
1. Pembangunan Pangkalan Data Metadata Nasional
2. Terbangunnya Jaringan Perpustakaan Digital Nasional
3. Terwujudnya Koleksi Perpustakaan Digital Nasional
4. Peningkatan Akses layanan perpustakaan digital nasional melalui portal web
5. Terbentuknya struktur organisasi yang dapat mendukung penerapan perpustakaan digital nasional
6. Meningkatkan kualitas layanan Publik
Workshop yang menjadi agenda tahunan Perpusnas ini, mengupas materi tentang penggunaan/pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan Perpustakaan bantuan Perpustakaan Nasional RI (Inlis-Lite), pemanfaatan website perpustakaan mitra, implementasi closed access network (VPN) dan pemanfaatan internet serta pengembangan jaringan informasi dan kerjasama dengan perpustakaan mitra.

Dalam sesi penggunaan/pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan Perpustakaan bantuan Perpustakaan Nasional RI (Inlis-Lite), Supriatno, staff sub bidang otomasi Perpustakaan dengan didukung vendor pengembang aplikasi ini memberikan penjelasan, baik secara teoritis maupun praktik kepada para peserta. Aristianto Hakim, staff sub bidang otomasi Perpustakaan memberikan pemaparan seputar pemanfaatan website perpustakaan mitra.

Wiratna Tritawirasta, Kepala Sub Bidang Otomasi Perpustakaan dan Zamzani dari PT. Telkom memberikan pemaparan terkait implementasi closed access network (VPN) dan pemanfaatan internet. Pada sesi pengembangan jaringan informasi dan kerjasama dengan perpustakaan mitra, Edi Wiyono, staff Otomasi Perpustakaan memberikan pemaparan tentang Peluang dan Tantangan terhadap implementasi E-Library di Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota. Sedangkan supervisi Perpusnas kepada Perpustakan Mitra disampaikan oleh Alia Ali, staff Sub Bidang Perpustakaan.

Dalam kesempatan ini, Yohan Loban, peserta dari Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan testimoni terhadap pemanfaatan bantuan dari Perpusnas, baik dari sisi harware, software maupun bimbingan teknis. Antusiasme peserta dalam mengikuti worksop ini menjadi penilaian positif dalam upaya terwujudnya PDNI. Kemauan dan optimisme perpus mitra nampak dari semangat peserta untuk mencari solusi terhadap permasalahan-permasalah yang terjadi.
Dengan workshop ini diharapkan para peserta mendapatkan solusi dari permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh masing-masing Perpustakan Mitra, karena masing-masing mempunyai permasalahan yang berbeda-beda. Dengan metode praktek di tempat, dapat menjadikan peserta lebih mudah menyerap materi-materi yang diberikan oleh para nasara sumber dan pembicara.


Sumber: Edi Wiyono

Foto Terkait

Berita Lainya


Unduh dalam bentuk:
     
Berbagi (share) ke teman/sahabat/rekan/keluarga melalui :
Pemutakhiran Situs