Cari

English

Detail Berita Pustaka

PP IPI Pusat Lantik PD IPI Sulut : IPI Lakukan Penataan Sistem Database Anggota

10 Juni 2013, (Senin)

Manado, Sulut—Beberapa permasalahan yang masih terjadi dalam tubuh organisasi Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) antara lain pengurus daerah (PD) IPI di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota belum sepenuhnya melaksanakan musyawarah daerah (musda), pangkalan data (data base) anggota per daerah yang tidak jelas—bahkan belum ada—sehingga iuran anggota juga tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan sumber pendanaan operasional organisasi yang kunjung belum dapat diandalkan.
Kelengkapan data base menjadi tolak ukur sejauh mana roda organisasi tersebut berjalan. Oleh karena itu, IPI berencana melakukan penataan ulang sistem keanggotaan IPI,” demikian ucap Ketua Umum PP-IPI Dedi Junaedi saat melantik Maxi GM Gagola sebagai Ketua PD IPI Sulawesi Utara periode 2013-2016, Rabu, (5/6).
Penataan ulang sistem keanggotaan IPI, lanjut Dedi, diprioritaskan pada penataan data keanggotaan IPI, pencatatan kembali anggota IPI di seluruh PD, pembaruan kartu keanggotaan, pengembangan sistem nilai pemegang kartu anggota IPI, dan pemetaan pustakawan anggota IPI. Langkah-langkah tersebut menjadi bagian dari program kerja khusus PP-IPI, tegas Dedi.
Selain membangun pangkalan data anggota melalui website, program kerja khusus IPI pada periode 2012-2015 juga menyasar pada peran aktif dalam penyusunan standar di bidang perpustakaan, pengembangan perpustakaan, peningkatan kompetensi dan sertifikasi pustakawan, serta turut menyukseskan perhelatan konferensi CONSAL XVI berikutnya di Thailand pada tahun 2015 mendatang.
Ada 3 (tiga) misi besar yang diemban PP-IPI saat ini. Pertama, mewujudkan konsolidasi dan kerjasama, kedua, meningkatkan kualitas sumber daya pustakawan, dan ketiga meningkatkan kesetaraan profesi pustakawan. Meningkatnya kualitas dan kapasitas perpustakaan sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat ditandai oleh meningkatnya standar mutu perpustakaan serta kompetensi dan profesionalitas SDM semua jenis perpustakaan. Hal tersebut termasuk ke dalam salah satu sasaran program rencana strategis (Renstra) Perpusnas 2010-2014.
Peningkatan standar komptensi dan profesionalitas pustakawan pada Renstra Perpusnas difokuskan melalui pengembangan kompetensi dan sertifikasi serta peningkatan akuntabilitas kinerja pustakawan. Kehadiran IPI diharapkan mampu meningkatkan profesionalisme para pustakawan, mampu pula mengembangkan ilmu perpusdokinfo serta memaksimalkan tenaga/keahlian pustakawan.
Pembinaan komptensi dan citra profesi pustakawan antara lain menitikberatkan partisipasi aktif sistem standar kompetensi nasional bidang pustakawan, pengembangan lembaga pendidikan dan lembaga sertifikasi kompetensi profesi, pembinaan dan penegakan kode etik organisasi, serta dukungan terwujudnya sistem akreditasi perpustakaan.
IPI, sebagai organisasi yang memiliki kedekatan erat dengan Perpusnas tidak bisa melepaskan diri dari tanggung jawab pengabdian kepada masyarakat dan gerakan budaya gemar membaca. Kemitraan IPI dengan Perpusnas sesuai dengan konteks UU No. 43/2007 tentang Perpustakaan.
Berikut Susunan PD IPI Provinsi Sulut periode 2013-2016
Ketua : Drs. Max Gagola, SH, MH
Wakil Ketua : Dra. Deetje Sumampouw, S.Sos
Sekretaris : Melky Turang, S.Sos
Bendahara : Sonny Marsabessi, S.Sos


Sumber: Sukoyo/Hartoyo D

Foto Terkait

Berita Lainya


Unduh dalam bentuk:
     
Berbagi (share) ke teman/sahabat/rekan/keluarga melalui :
Pemutakhiran Situs