Cari

English
Majalah Online

Pencarian Majalah Online

:

Majalah Online : Menyajikan majalah-majalah yang sudah dialihmediakan dan diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional RI sehingga bisa diakses secara online oleh masyarakat.

Detail Majalah Online
Kembali
Majalah : Visi Pustaka
Edisi : Vol.13 No.3 - Desember 2011
Judul :

Evaluasi Usability Situs Web Perpustakaan

Abstrak :

Evaluasi terhadap situs web yang telah dibangun perlu dilakukan salah satunya untuk mengetahui bagaimana kegunaan (usability) situs web tersebut bagi pengguna. Evaluasi akan sangat bermanfaat bagi perpustakaan, sebagai salah satu dasar pengembangan situs web yang dimiliki. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah mahasiswa merasakan efektifitas, efisiensi dan kepuasan penggunaan situs web Perpustakaan UGM. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa UGM yang sedang dan atau pernah menggunakan situs web Perpustakaan UGM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Hasil analisis menunjukkan bahwa situs web Perpustakaan UGM  bermanfaat bagi mahasiswa. Artinya tingkat usability situs web perpustakaan dinilai baik. Faktor effectiviness dan efficiency berpengaruh signifikan terhadap usability situs web Perpustakaan. Sedangkan faktor satisfaction tidak berpengaruh signifikan terhadap usability situs web perpustakaan. Artinya tingkat satisfaction menggunakan situs web perpustakaan, tidak mempengaruhi secara nyata terhadap tingkat usability-nya.

Artikel Lengkap :

Pendahuluan
Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di perpustakaan adalah dibangunnya situs web perpustakaan. Pengguna dapat memperoleh informasi secara online tanpa harus datang secara fisik ke perpustakaan. Berdasarkan manfaat yang diperoleh dengan keberadaan situs web, maka sudah selayaknya sebuah perpustakaan membangun, mengembangkan situs web yang dimiliki.

Masih jarang dilakukan evaluasi terhadap situs web yang dimiliki perpustakaan. Seharusnya sebagai sebuah produk yang harus terus dikembangkan, situs web perpustakaan perlu dievaluasi. Evaluasi berguna untuk mengetahui bagaimana kegunaan situs web tersebut bagi pengguna. Evaluasi ini akan sangat bermanfaat bagi perpustakaan, sebagai salah satu dasar pengembangan situs web yang dimiliki.

Perumusan Masalah
Kajian terhadap situs web Perpustakaan UGM (www.lib.ugm.ac.id)  perlu pula kita lakukan untuk mengetahui apakah pengguna merasakan efektifitas, efisiensi dan kepuasan terhadap situs web yang telah ada. Diharapkan jika pengguna merasakan manfaat/kegunaan  (usability) situs web Perpustakaan UGM, maka mereka akan terus mengakses situs tersebut. Tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui apakah mahasiswa merasakan efektifitas penggunaan situs web Perpustakaan UGM.
2. Untuk mengetahui apakah mahasiswa merasakan efisiensi penggunaan situs web Perpustakaan UGM.
3. Untuk mengetahui apakah mahasiswa merasakan kepuasan penggunaan situs web Perpustakaan UGM.

Landasan Teori
Kajian tentang usability (kegunaan) merupakan bagian dari bidang ilmu multidisiplin Human Computer Interaction (HCI). Disampaikan oleh Nugroho (2009: 2) Human Computer Interaction merupakan bidang ilmu yang berkembang sejak sekitar tahun 1970 yang mempelajari bagaimana mendesain tampilan layar komputer dalam suatu aplikasi sistem informasi agar nyaman dipergunakan oleh pengguna.

Usability berasal dari kata usable yang secara umum berarti dapat digunakan dengan baik. Sesuatu dapat dikatakan berguna dengan baik apabila kegagalan dalam penggunaannya dapat dihilangkan atau diminimalkan serta memberi manfaat dan kepuasan kepada pengguna (Rubin dan Chisnell, 2008) dalam Joana (2010).

Menurut Joseph Dumas dan Janice Redish (1999) usability mengacu kepada bagaimana pengguna bisa mempelajari dan menggunakan produk untuk memperoleh tujuannya dan seberapa puaskah mereka terhadap penggunaannya.

Definisi usability menurut ISO 9241: 11 (1998) adalah sejauh mana   suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan efektivitas, efisiensi dan mencapai kepuasan penggunaan dalam konteks tertentu. Konteks penggunaan terdiri dari pengguna, tugas, peralatan (hardware, software dan material). Berdasarkan definisi tersebut usability diukur berdasarkan komponen :

a. Efektivitas (effectiveness) didefinisikan sebagai sebagai seberapa  baik pengguna mencapai tujuan mereka dengan menggunakan sistem serta kelengkapan yang dapat diperoleh dalam menyelesaikan tugas

b. Efisiensi (efficiency) didefinisikan sebagai sumberdaya yang dikeluarkan guna mencapai ketepatan dan kelengkapan tujuan

c. Kepuasan (satisfaction) didefinisikan kebebasan dari ketidaknyamanan, dan sikap positif terhadap penggunaan produk atau ukuran subjektif bagaimana pengguna merasa tentang penggunaan sistem

Berbagai kamus online www.sederet.com , www. http://translate.google.co.id/ dinyatakan bahwa usability diartikan sebagai kegunaan. Kata “kegunaan” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga (2002: 375) disebutkan bahwa kegunaan berarti faedah, manfaat. Definisi berdasarkan ISO 9241: 11 (1998) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002) yang akan dijadikan landasan teori dalam penelitian ini. Sehingga indikator-indikator yang digunakan dalam penyusunan instrumen penelitian didasarkan pada kedua definisi tersebut.

Metode Penelitian
Objek penelitian ini adalah situs web Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.  (www.lib.ugm.ac.id). Ada hal baru yang dapat diungkapkan dalam penelitian ini nantinya. 
Penelitian ini jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Langkah-langkah penelitian ini yang akan dilalui adalah sebagai berikut :

Hipotesis dalam penelitian ini adalah :
1. Terdapat pengaruh nyata effectiviness terhadap usability.
2. Terdapat pengaruh nyata efficiency terhadap usability.
3. Terdapat pengaruh nyata satisfaction terhadap usability.

Sampel Penelitian
Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (random sampling) dari mahasiswa yang sedang atau pernah mengakses situs web Perpustakaan UGM (www.lib.ugm.ac.id). Penelitian ini mengambil sampel 100 mahasiswa yang pernah menggunakan situs web Perpustakaan UGM (www.lib.ugm.ac.id). 
 
Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberi seperangkat pernyataan tertulis (kuisioner) kepada responden (mahasiswa) untuk dijawab. Pernyataan yang digunakan dalam kuesioner menggunakan skala likert lima point yaitu :
1. Sangat Tidak Setuju (STS)
2. Tidak Setuju (TS)
3. Netral (N)
4. Setuju (S)
5. Sangat Setuju (SS)

Instrumen penelitian disusun berdasarkan variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas : effectiviness, efficiency dan satisfaction, serta variabel terikat usability.

Analisis Data
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Ganda. Analisis data bertujuan untuk menguji pola hubungan tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Untuk membantu analisa data, peneliti menggunakan software  PLS (Partial Least Square). PLS merupakan metode analisis yang berbasis variance atau Component Based SEM.

Hasil Penelitian
Hasil olah data menggunakan software PLS , dari model penelitian yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Menilai Outer Model (Measurement Model)
             
Outer model dinilai dengan cara melihat convergent validity , dan  nilai composite reliability. Berdasarkan hasil olah data penelitian maka dapat diketahui bahwa semua variabel memenuhi nilai convergent validity dan nilai composite reliability yang disyaratkan. Indikator tingkat validitas dapat dilihat apabila loading factor menunjukkan nilai diatas 0,70 akan tetapi rule of thumbs interpretasi nilai lebih dari 0,55 tetap dikatakan valid (Dante M. Pirouz dalam Yamin,2009). Dan Konstruk dikatakan memiliki reliabilitas yang baik jika nilai composite reliability diatas 0,80 (Ghozali, 2008).

Menilai Inner Model (Model Struktural)
Menilai inner model adalah melihat hubungan antar konstruk laten dengan melihat hasil estimasi koefisien parameter dan tingkat signifikansinya(Ghozali, 2008). Penelitian ini telah menetapkan bahwa nilai signifikansi = 10% =0,1, dengan derajat kebebasan (degree of freedom) df = (n-m-1), dengan n sama dengan jumlah responden yakni 100, m sama dengan banyak variabel yaitu 3, maka  df =(100-3-1) = 96. Nilai T tabel untuk signifikansi 10% dengan df =96 adalah 1,660. Dengan demikian hubungan antar variabel dikatakan signifikan apabila nilai T Statistics lebih besar dari nilai T tabel (T Statistics > T tabel). Hasil olah data PLS dapat dilihat pada tabel 4.2 dibawah ini.

Analisis Pengaruh Effectiviness Terhadap Usability
Pengaruh effectiviness terhadap usability terlihat pada hasil pengolahan data pada tabel 4.2  menunjukkan angka T statistics = 6,000 dan seperti telah disebutkan T tabel = 1,660 sehingga T statistics > T tabel. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara variabel effectiviness terhadap variabel usability.  Semakin mahasiswa merasakan efektifitas penggunaan situs web Perpustakaan UGM, maka akan semakin baik tingkat usability (kegunaan) situs tersebut. Semakin mahasiswa merasakan efektifitas penggunaan situs web Perpustakaan UGM, www.lib.ugm.ac.id membantu memperoleh tambahan bahan kuliah, membantu mengerjakan tugas kuliah dan memperoleh informasi tambahan maka semakin baik tingkat kegunaan situs tersebut.
 
Analisis Pengaruh Efficiency Terhadap Usability
Pengaruh efficiency terhadap usability terlihat pada hasil pengolahan data pada tabel 4.2. menunjukkan angka T statistics = 1,885 dan seperti telah disebutkan T tabel = 1,660 sehingga T statistics > T tabel. Dapat disimpulkan bahwa efficiency berpengaruh signifikan terhadap usability. Semakin mahasiswa merasakan efisiensi  penggunaan situs web Perpustakaan UGM, maka akan semakin baik tingkat usability (kegunaan) situs tersebut. Semakin mahasiswa merasakan penggunaan situs web Perpustakaan UGM, www.lib.ugm.ac.id, untuk mengerjakan tugas dan memperoleh informasi menghemat waktu, tenaga dan biaya, maka semakin tinggi tingkat usability (kegunaan) situs web tersebut.

Analisis Pengaruh Satisfaction Terhadap Usability
Pengaruh satisfaction terhadap usability terlihat pula pada tabel 4.2 menunjukkan angka T statistics = 0,185 dan seperti telah disebutkan bahwa T tabel =1,660, sehingga T statistics < T tabel. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa satisfaction tidak berpengaruh signifikan terhadap usability. Kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan situs web Perpustakaan UGM, tidak mempengaruhi usability (kegunaan) yang dirasakan terhadap penggunaan situs web tersebut.
             
Tanggapan Responden Atas Variabel
Berdasarkan jawaban responden atas pernyataan pada kuisioner penelitian ini, maka diperoleh hasil penelitian tentang tanggapan responden atas masing-masing variabel.

Menentukan nilai rata rata jawaban responden terhadap masing-masing item pernyataan pada setiap variabel dengan kriteria penilaian berdasarkan kategori yang disusun sebagai berikut (Firdiansyah, 2010):

Dengan interval kelas 0.8 kemudian disusun kriteria penilaian rata-rata jawaban responden yang disajikan pada tabel di bawah ini:

Usability (Y)
Berdasarkan nilai rata-rata jawaban responden atas variabel usability, diketahui bahwa nilai rata-rata menyatakan setuju bahwa situs web Perpustakaan UGM bermanfaat

Effectiveness  (X1)
Berdasarkan nilai rata-rata jawaban responden atas variabel effectiveness diketahui bahwa nilai rata-rata menyatakan setuju bahwa responden merasakan efektifitas penggunaan situs web Perpustakaan UGM.

Efficiency  (X2)
Berdasarkan nilai rata-rata jawaban responden atas variabel efficiency diketahui bahwa nilai rata-rata menyatakan setuju bahwa responden merasakan efisiensi penggunaan situs web Perpustakaan UGM untuk mengerjakan tugas-tugas dan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Satisfaction  (X3)
Berdasarkan nilai rata-rata jawaban responden atas variabel satisfaction  diketahui bahwa nilai rata-rata menyatakan netral bahwa responden merasakan kepuasan penggunaan situs web Perpustakaan UGM. Hal ini berarti responden tidak menyatakan setuju atau tidak setuju terhadap kepuasan penggunaan situs web Perpustakaan UGM.  Hal ini sebagai masukan bagi situs web Perpustakaan UGM untuk memberikan perhatian hal yang terkait dengan tampilan situs web, jalannya operasi serta informasi lainnya bagi pengembangan situs tersebut.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Penelitian ini menunjukkan ada pengaruh signifikan antara variabel effectiviness terhadap variabel usability, hal ini berarti semakin mahasiswa merasakan efektifitas penggunaan situs web Perpustakaan UGM (www.lib.ugm.ac.id) maka akan semakin baik tingkat usability situs web tersebut.

2. Penelitian ini menunjukkan ada pengaruh signifikan antara variabel efficiency dan variabel usability, artinya semakin mahasiswa merasakan efisiensi penggunaan situs web Perpustakaan UGM (www.lib.ugm.ac.id) maka akan  semakin baik tingkat usability situs web tersebut.

3. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara variabel satisfaction terhadap variabel usability. Kepuasan mahasiswa menggunakan situs web Perpustakaan UGM (www.lib.ugm.ac.id), tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat usability situs tersebut.

4. Berdasarkan nilai rata-rata pernyataan mahasiswa terhadap usability situs web Perpustakaan Pusat, maka mahasiswa menyatakan bahwa situs web www.lib.ugm.ac.id, bermanfaat bagi mahasiswa.

Saran
Berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian ini, maka peneliti sampaikan saran atau rekomendasi sebagai berikut :

1. Mahasiswa merasakan manfaat terhadap penggunaan situs web Perpustakaan, www.lib.ugm.ac.id, sehingga situs web Perpustakaan UGM perlu terus dikembangkan dengan tetap mempertahankan isi situs yang mendukung kegiatan belajar mahasiswa dengan menyediakan berbagai informasi yang relevan.

2. Perpustakaan perlu terus melakukan sosialisasi dengan berbagai bentuk kegiatan pelatihan dan sejenisnya agar lebih banyak lagi mahasiswa di lingkungan UGM mengetahui berbagai sumber informasi yang bermanfaat yang disediakan oleh UGM untuk mendukung pembelajaran. Dikhawatirkan informasi mengenai situs web dan sumber informasi yang disediakan belum sepenuhnya diketahui mahasiswa.

3. Promosi mengenai keberadaan situs web Perpustakaan dan apa saja yang dapat diperoleh dengan situs web Perpustakaan perlu dilakukan terhadap dosen/staf pengajar di lingkungan UGM, sehingga mereka akan merekomendasikan kepada mahasiswa untuk mengakses situs web Perpustakaan. Tentu saja hal ini akan meningkatkan frekuensi mahasiswa dan dosen untuk mengakses situs web tersebut.

4. Untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan situs web Perpustakaan UGM, tampilan situs,  perlu mendapat perhatian.

Ucapan Terima Kasih
Diucapkan banyak terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UGM, yang telah mendanai kegiatan penelitian ini dalam rangka peningkatan kualitas pustakawan di lingkungan Universitas Gadjah Mada.

Daftar Pustaka

Dewiyana, Himma. 2008. Uji Ketergunaan Antarmuka Situs Web Perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Pustaha : Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi (4) 2, Desember , hal 70-79.

Dumas, Joseph S. and Janice C. Redish. 1999. A Practical Guide to Usability Testing. Revised Edition. Bethesda, USA : Redish & Associates, Inc.

Firdiansyah, Rakhmat. 2010. Dampak Partisipasi di Dalam Komunitas Merek Virtual Milis Primbonbb terhadap Kepercayaan dan Loyalitas pada Produk Blackberry di Indonesia. Skripsi. Surabaya : Universitas Airlangga

Ghozali, Imam. 2008. Structural Equation Modeling : Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 2. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

ISO : ISO 9241-11. Ergonomic Requirements for OfficeWork With Visual Display Terminals (VDT). Part 11: Guidance in Usability. International Standards Organization, London (1998). Diakses  29 Januari 2011, pukul 8.05 wib.

Joanna. 2010. Penyusunan Usability Index Browser Internet. Skripsi. Surakarta : UNS.

Nugroho, Eko. 2009. Desain Situs Reader Friendly. Yogyakarta : Andi Offset.

Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun, Masri. 1989.  Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung : Alfabeta.

Suparmo P. 2007. Uji Ketergunaan Situs Web Jaringan Perpustakaan Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik di Indonesia (APTIK) Bagi Mahasiswa yang Sedang Menulis Skripsi pada Tahun Akademik 2006/2007 di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Thesis. Jakarta : Univeristas Indonesia.

Widawaty, Yunita Riris. 2004. Uji Ketergunaan Formal pada Antarmuka Atmalib (Perpustakaan Digital Universitas Khatolik Atmajaya, Jakarta). Thesis Jakarta : Universitas Indonesia.

Yamin, Sofyan dan Kurniawan Heri. 2009. Structural Equation Modelling : Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuisioner dengan LISREL-PLS. Jakarta : Penerbit Salemba Infotek

Sumber Lain :
www.sederet.com
http ://translate.google.co.id/

 

 

 

Kata Kunci : Usability Situs Web ; Evaluasi Usability
Pengarang : Purwani Istiana
Subjek : Sistem penyimpanan dan temu kembali informasi
Sumber :
Attachment :
  No. Nama File  
Purwani_Istiana_Evaluasi_Usability_situs.pdf View Download





Unduh dalam bentuk:
     
Berbagi (share) ke teman/sahabat/rekan/keluarga melalui :
 
Pemutakhiran Situs