Peristiwa

Perpustakaan Kota DIY Resmikan Tamara
Yogyakarta, DIY—Demi meningkatkan pelayanan akses internet, Perpustakaan Kota Yogyakarta membuat terobosan dengan mendirikan Taman Masyarakat Sambung Rasa (Tamara). Peresmian dilakukan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, (16/1). Tamara dilengkapi gazebo dengan kapasitas 60 tempat duduk lengkap dengan arus listrik untuk pemakaian internet. Fasilitas gratis internet di Tamara bisa dinikmati setiap hari, kecuali hari libur nasional. Selain gazebo dan akses internet, Perpustakaan Kota Yogyakarta juga menyediakan layar raksasa (giant screen) yang terpasang di halaman perpustakaan. “Layanan Tamara menjadi pelengkap layanan Jogja Night Reading yang sudah ada sebelumnya,” terang Kepala Perpustakaan Yogyakarta Wahyu Hendratmoko. Jogja Night Reading adalah layanan perpustakaan hingga malam hari.

Seribu Buku Siap Tempati Ruang Baca
Musi Rawas, Sumsel—Ruang baca perpustakaan di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kab. Musi Rawas (Mura) segera difungsikan, (12/2). Seribu buku direncanakan menempati ruang baca berukuran 6×13 meter yang berada tepat di samping gedung perpustakaan. Kepala KPAD Kab. Mura, Ir. Sulendro mengatakan ruang baca selain dilengkapi kursi dan meja, juga akan dipasang AC demi kenyamanan pengunjung dan pembaca. Termasuk penyediaan buku pengetahuan bagi para pelajar SD, SMP, dan SMA. Perpustakaan Kab. Mura juga menyurati setiap sekolah di Kab. Mura untuk mewajibkan para siswanya berkunjung ke perpustakaan. “Jadi rencananya akan dibuat jadwal kunjungan setiap pelajar di Mura untuk berkunjung ke perpustakaan,” pungkasnya.

Pemkot Surabaya Luncurkan Eco Mobile Buat Pelajar
Surabaya, Jatim—Untuk menambah sarana belajar tentang lingkungan kepada pelajar, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meluncurkan Eco Mobile. Mobil lingkungan ini berisi perpustakaan mini, media display, mini teater, alat praktik perhitungan cahaya, mainan panel surya, dan lampu hemat energi. “Eco Mobile akan singgah di dua sekolah setiap harinya, mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas,” ujar Walikota Tri Rismaharini saat peluncuran Eco Mobil di SDN Kaliasin VII, (26/2). Walikota Risma berharap, Eco Mobile bisa bermanfaat untuk menanamkan pendidikan kepedulian lingkungan sejak dini. Kalau warga kota sadar lingkungan sejak kecil, itu akan menekan anggaran penanganan lingkungan bagi pemkot, lanjut Walikota dengan puluhan penghargaan ini. (beritaperpustakaan.com)

Perpustakaan Bangka Barat Butuh Gedung Baru
Bangka Barat, Babel—Gedung perpustakaan daerah Kab. Bangka Barat perlu diperbarui. Hal ini demi meningkatkan minat baca masyarakat. Gedung yang ada dinilai terlalu kecil untuk menampung buku dan pengunjung. Perpustakaan daerah Bangka Barat saat ini memiliki koleksi 10.000 eksemplar buku dalam ruangan berukuran 8×12 meter. “Perbandingan ruang koleksi buku sudah tidak ideal sehingga ruang perpustakaan kurang nyaman di pengunjung,” ujar pustakawan Perpustakaan Daerah Yundarti Indriati di Muntok, (24/2). Sayangnya, niat pengajuan gedung baru oleh KPAD di lokasi dekat Masjid Agung Muntok tidak disetujui Pemkab Bangka Barat. Karena tidak disetujui, KPAD lantas memikirkan alternatif meminjam gedung eks Pusyandik milik PT Timah Tbk. Selain strategis di pusat kota, gedung yang berlokasi dekat Museum Timah Indonesia juga  mendukung peningkatan minat baca masyarakat. Jadi, nanti pengunjung museum bisa langsung berkunjung ke Perpusda.