Syarat Pengangkatan Pertama Pejabat Fungsional Pustakawan

1.      Pegawai Negeri Sipil

2.      Memiliki pendidikan dan atau pelatihan dalam bidang perpustakaan., dokumentasi dan informasi serendah-serendahnya setingkat dengan Sarjana Muda.

3.      Bersedia melaksanakan tugas perpustakaan.

4.      Setiap unsur penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3) sekurang-kurangnya bernilai baik.

5.      Mengumpulkan angka kreit sebesar sebagai berikut:

a.         PNS Gol. II   =          10 angka kredit

b.         PNS Gol. III  =          20 angka kredit

c.          PNS Gol. IV  =          30 angka kredit

 

Masalah :

Apakah PNS Gol. III/a dengan dasar pendidikan sarjana non perpustakaan yang kemudian mengikuti DII perpustakaan dapat mengajukan untuk menjadi pejabat fungsional Pustakawan.

Jawab :

Bisa, karena syarat pengangkatan pertama pejabat fungsional Pustakawan pada point tersebut diatas maka “ijazah DII Perpustakaan” merupakan syarat minimal yang harus dimiliki PNS yang ingin menjadi pejabat fungsional Pustakawan. Namun demikian angka kredit dari pendidikan DII Perpustakaan tersebut tidak dapat lagi diperhitungkan untuk kenaikan pangkat berikutnya.

 

 

MASA PENILAIAN ANGKA KREDIT

  1. Pada Pedoman Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pustakawan yang diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional RI tahun 1994 dengan ISBN 979 829 226 pada Bab III Pasal 4 terdapat kesalahan pendapat.
  2. Bab III pasal 4 tentang masa perhitungan Angka Kredit yang benar menurut Ketua Tim Penilai Pusat (Bapak Drs. Soekarman K, MLS) adalah bahwa seluruh kegiatan Pustakawan angka kreditnya tetap dihitung, meskipun Pustakawan sedang mengajukan DUPAK dan menunggu keluarnya SK kenaikan pangkat.
  3. Dengan demikian pemberitahuan ini menyamakan pandangan Pustakawan dan Tim Penilai tentang masa penilaian dan sekaligus berubah kesalahan pada Pedoman Teknis tersebut.