|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

11 Oct 2018

Bupati Tangerang Gandeng Duta Baca Najwa Shihab Resmikan Jambore Perpustakaan ke-4

Tangerang, Banten - Jambore Perpustakaan ke-4 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI diresmikan oleh Bupati Ahmed Zaki Iskandar dan Duta Baca Indonesia Najwa Shihab, Kamis, (11/20). Jambore Perpustakaan dimeriahkan dengan aneka kegiatan karnaval pustaka, bedah buku, story telling, bimbingan teknis, menulis dan mewarnai

"Jambore Perpustakaan merupakan agenda rutin tahunan. Tujuannya bukan hanya sebagai media promosi tapi juga sekaligus ingin menampilkan perkembangan literasi dan perpustakaan yang ada di Kabupaten Tangerang, baik  itu taman baca masyarakat, perpustakaan desa hingga kecamatan," ujar Bupati Ahmed.

Bupati menambahkan saat ini minat baca masyarakat Kabupaten Tangerang masih rendah. Oleh karena itu, melalui jajarannya di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah ia meminta untuk terus menambah fasilitas dan koleksi buku. "Perpustakaan adalah lembaga yang amat penting dalam upaya meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat dan pelajar, khususnya di Kabupaten Tangerang. Kegiatan Jambore Perpusatakaan ini salah satunya diharapkan bisa menjadi motivasi," imbuh Ahmed Zaki.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang Yusrizal mengatakan terdapat seratus orang pengelola perpustakaan desa yang mengikuti bimbingan teknis. Mereka diberikan dari Perpustakaan Nasional sekaligus untuk para Camat, Kepala Desa atau Lurah dan Dinas terkait sebagai upaya mengelola alokasi dana desa untuk pengadaan rak, pengadaan buku, serta tunjangan bagi pengelola perpustakaan desa yang bersumber dari sumber pemasukan dan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB-Des).

Dalam kesempatan tersebut Pustakawan Utama Perpusnas Nelwati juga memberikan informasi terkait program kegiatan yang dilaksanakan Perpustakaan Nasional yang dapat diakses seluas-luasnya oleh masyarakat, seperti e-library, e-resource, iPusnas,  INLIST ,  K-online dan OPAC. Hal ini dilakukan agar masyarakat yang berada di wilayah luar pulau Jawa juga bisa mengakses.

Demi memantik semangat Muspika dan pengelola perpustakaan, Duta Baca Indonesia Najwa Shihab turut memberikan suntikan motivasi. Kehadiran Najwa dalam setiap kesempatan selalu mengundang antusiasme masyarakat. Najwa Shihab tidak lupa mengajak masyarakat Kabupaten Tangerang untuk mulai membaca. "Biasakan  membaca 20 menit per hari  karena  manfaatnya bagus terhadap daya tahan bagi otak.  Atau bisa dengan juga meningkatkan kemampuan membaca melalui cara 5B, yakni Buka, Baca, Bedah, Bisa, Biasa," pesannya

Kehadiran Duta Baca Indonesia terbukti ampuh memantik antusias masyarakat yang hadir. "Kita sengaja hadirkan duta baca agar bisa membagi semangat, motivasi dan cara berpromosi yang tepat dalam upaya meningkatkan kegemaran membaca," ucap Yusrizal.

Menurut Yuzril Jambore Perpustakaan merupakan kegiatan yang baik dan bisa terus dilaksanakan bahkan dengan cakupan pelaksanaan yang lebih luas lagi sehingga upaya meningkatkan minat baca masyarakat benar-benar dirasakan secara nyata. 

 

Reportase : Agus Djoko dan Arwan Subakti



Diunggah oleh admin (2018-10-12 13:17:25)