|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

03 Dec 2018

Sosialisasi Situs Web Tajuk Online Perpusnas

Salemba, Jakarta – UU No. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan mengamanahkan Perpustakaan Nasional sebagai perpustakaan pembina. Oleh karena itu, Perpustakaan Nasional harus bersinergi dengan berbagai pihak untuk menyusun standar dan pedoman yang bersifat nasional sebagai acuan bagi seluruh perpustakaan di Indonesia dalam menyelenggarakan, mengelola dan mengembangkan perpustakaan.

Salah satu kegiatan pengelolaan perpustakaan yang sangat penting untuk proses temu kembali bahan perpustakaan, yaitu pembuatan katalog karena katalog merupakan pintu masuk ke sebuah perpustakaan. Pemustaka dapat menemukan sebuah karya melalui pengarang, judul atau subjek melalui katalog. Selain itu, katalog dapat menunjukkan koleksi yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan.

Proses pembuatan katalog itu sendiri tidak lepas dari proses lainnya yang membutuhkan ketelitian dan konsistensi, yaitu penentuan tajuk yang merupakan bentuk standar yang ditetapkan untuk nama, subjek atau judul yang digunakan sebagai titik akses dalam cantuman bibliografis agar dapat ditelusur dengan mudah. Oleh karena itu, tajuk harus terpelihara konsistensi dan keseragamannya dengan membuat tajuk kendali.

Untuk meningkatkan kinerja dalam mengelola dan memberikan layanan kepada pemustaka, perpustakaan harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan karenanya mulai tahun 2017 Perpustakaan Nasional menyediakan sebuah situs web tajuk kendali online yang dapat diakses pada http://tajukonline.perpusnas.go.id. Adapun tajuk yang terdapat pada situs tersebut, yaitu :

  • Tajuk nama orang
  • Tajuk nama badan korporasi
  • Tajuk nama pertemuan
  • Tajuk judul seragam
  • Tajuk topik
  • Tajuk nama wilayah
  • Tajuk seri

Bertempat di gedung teater Perpustakaan Nasional, kegiatan sosialisasi situs web tajuk online diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan keberadaan situs tajuk online di jajaran situs Perpustakaan Nasional, keseragaman pembentukan pola tajuk dalam pengatalogan bahan perpustakaan, konsistensi dan keseragaman istilah yang digunakan sebagai titik akses dalam pencarian bahan perpustakaan, agar istilah terkendali yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional dapat digunakan oleh pengelola perpustakaan di Indonesia dengan fitur yang tersedia di dalamnya, dan menghimpun kritik dan saran dari narasumber maupun peserta sebagai dasar pengembangan yang lebih objektif dan terarah.

Sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Bidang Kerja Sama Perpustakaan dan Otomasi, Wiratna Tritawirasta, pada Senin (3/12) dihadiri oleh para pejabat dan pustakawan di lingkungan Perpustakaan Nasional, pengurus dan anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia, pustakawan dan pengelola perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan khusus di wilayah Jabodetabek.  Acara diisi dengan pemaparan konsep, cara penggunaan dan demo situs web tajuk online oleh pustakawan pada Bidang Pengolahan Perpustakaan Nasional serta tinjauan dan ulasan oleh dosen jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia dan Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia.

 Reportase: Eka Cahyani/Fotografer: Dewi Ambarasih



Diunggah oleh admin (2018-12-05 07:42:47)